4.01.2023

Pengalaman Operasi Gigi Geraham Bungsu (Odontektomi)- Part I

Daripada sakit hati
Lebih baik sakit gigi ini...

(Meggy Z)

Waduh mendadak dangdut ya sist... Hahahaha meskipun sebenernya ngga setuju sih sama lirik lagu ini. Baik sakit hati maupun sakit gigi, aduh kalo bisa milih mending ngga dua-duanya dahh.

Kali ini aku mau share pengalamanku bersama dengan gigi-gigi bungsuku. Sebenarnya udah hampir 2 tahun lalu aku menjalani Odontektomi gigi bungsu. Gigi bungsu biasa dikenal dengan third molar atau istilah gawl-nya wisdom teeth adalah gigi geraham terakhir yang tumbuh saat kita dewasa. Umumnya gigi bungsu tumbuh di usia remaja hingga sebelum usia ke-25. Tapi balik lagi semuanya itu bergantung sama masing-masing individu ya,  ada loh yang tumbuhnya usia 30-40 tahun, bahkan ada juga yang sama sekali ngga tumbuh karna memang ngga ada benihnya. Biasanya gigi bungsu ini ada 4, masing-masing 1 di sisi kanan-kiri rahang atas dan rahang bawah. Nah untuk tahu kayak gimana susunan gigi kita biasanya dilakukan pemeriksaan penunjang radiologi berupa panoramic x ray.


gambar dari sini
Nah kira-kira seperti gambar diatas ini ilustrasinya. Pokoknya itu tuh gigi yang paling ujung banget. Sebenarnya apa sih fungsi gigi geraham ketiga ini? Apa kalo dia udah numbuh nih, kita akan jadi semakin bijaksana? *halahhh
Yaa ngga serta merta gitu sih hahahah hanya gigi bungsu ini buatku pribadi kayak pertanda kalau aku sudah cukup tua ya bund :'). Kalo pengalamanku sendiri, aku cukup was-was saat aku udah memasuki usia 25 dan kok si gigi-gigi bungsu ini ngga numbuh-numbuh,ya? Teman-teman sebayaku beberapa emang udah pada merasakan tumbuh gigi di usia dewasa. Beberapa dari mereka ada yang tumbuhnya lancar-lancar aja, beberapa ada yang merasakan sakit juga. 

Waktu aku masih di usia 20an awal, aku sempat tanya ke dokter gigi pas kebetulan aku scaling (bersihin karang gigi). Waktu itu dokter bilang coba untuk rontgen panoramik aja untuk memastikan gimana susunan gigiku dan untuk lihat ada atau tidaknya si benih-benih gigi ini. Waktu itu jujur aku kurang aware dan berpikir ahh nanti kalau waktunya tumbuh juga bakalan tumbuh, aku bahkan sempat berpikir mungkin kaga numbuh-numbuh karna apa emang ngga ada benih gigi bungsunya kali yaa, karna ibuku sendiri sampai saat ini ngga tumbuh itu gigi bungsunya. 

Ternyata... aku inget banget waktu itu awal 2020 waktu kasus covid baru-baru merebak, aku merasakan nyeri di bagian gusi kanan bawah, sempat agak demam juga. Wahh kayaknya ini nih, mau numbuh gigi bungsuku. Rasa nyerinya memang kadang hilang kadang timbul, sampai akhirnya setelah beberapa waktu ada muncul warna putih-putih, mulai kelihatan ini geraham bungsuku menembus gusi dan bagian atasnya mulai muncul. Menurutku tumbuh gigi bungsu yang kanan bawah ini rasa nyerinya masih bisa aku tolerir lah, cuma aku rasa dengan bertambahnya satu geraham lagi di paling ujung belakang jadi makin susah terjangkau sikat gigi, dan ternyata agak susah juga bersihinnya.

Setahun kemudian, di awal 2021 aku mulai merasa sakit lagi di gusi kiri bagian bawah. Gigi bungsu kanan bawahku yang udah mulai tumbuh setahun sebelumnya juga belum semuanya muncul ke permukaan, jadi kayak baru muncul setengahnya. Lama juga ya, pikirku. Tapi untuk kasus gigi kiri bawahku ini jauh lebih sakit dari yang aku rasakan sebelumnya. Waktu aku amati sendiri sih aku lihatnya dia memang gusinya merah dan bengkak gitu dan dinding pipi bagian dalam ada luka juga mirip-mirip sariawan. Pokonya sakittt hahahaha sampai untuk makan pun ngga nyaman. Aku sampai makan bubur bayi sama minum susu doang karna males ngunyah rasanya. Rasa sakitnya juga hilang timbul, kadang ya biasa aja kadang nyeri banget. Untuk mengurangi rasa nyeri waktu itu aku cuma minum obat antinyeri yang ringan dan bisa kita dapatkan tanpa resep dokter, aku waktu itu cuma minum Paracetamol atau Ibuprofen aja saat aku rasa nyerinya udah lumayan mengganggu.

Oiya waktu itu tindakan perawatan gigi di dokter gigi lagi dibatasi banget, mengingat angka covid masih cukup tinggi. Aku sendiri karna kebetulan bekerja di fasilitas kesehatan jadi aku janjian dengan temanku dokter gigi di klinik milik dia pribadi. Waktu itu kebetulan aku lagi ngga merasa nyeri, jadi niatku mau scaling karna udah lama sejak pandemi aku belum scaling gigi lagi. Waktu temanku lagi tindakan, dia lihat gigi bungsuku yang mulai tumbuh itu dan dia bilang gusiku memang agak merah dan bengkak di bagian kiri bawah. Dia lihat udah ngga ada space lagi di gusiku dan si bungsu ini posisinya agak miring dan maksa numbuh makanya sakit banget. Profil gigi aku juga termasuk tipe yang berjejal, mungkin karna rahangnya kecil, jadi memang crowded dan kurang bisa berjejer rapi sihLalu temanku sarankan untuk dicabut aja itu geraham bungsunya, coba lanjut ke pemeriksaan dental radiography  dulu dan nanti dia buatkan rujukan ke dokter spesialis bedah mulut di rumah sakit yang kebetulan temanku praktik juga disitu. Okelah akhirnya aku coba ikuti saran temanku karna aku juga penasaran sama hasil panoramic-nya.

Pelayanan poli gigi dan mulut saat pandemi waktu itu memang terbatas banget, sih. Masuk akal juga karna untuk mencegah penyebaran droplet dan 2021 memang lagi puncak-puncaknya kasus Covid-19 di Indonesia. Aku coba untuk mendaftar kosultasi dokter spesialis gigi dan mulut di rumah sakit temanku praktik, ternyata tiap kali aku daftar selalu penuhhhh karna sehari hanya dibatasi 10 pasien. Akhirnya aku putuskan untuk coba rontgen panoramic di Laboratorium swasta, dan beginilah hasilnya


Kenampakan hasil foto panoramik

Rasa nyeri yang aku keluhkan saat itu ada di area panah warna biru (geraham kiri, rahang bawah). Kalau dilihat dari hasil foto panoramiknya memang kesannya kurang space untuk gigi bungsuku tumbuh. Aku coba kasih lihat hasil foto panoramik-ku ke temanku dan memang diagnosisnya impacted wisdom teeth. Lalu kami agak terkejut ternyata ada gigi geraham bungsu kiri atas yang posisinya upnormal gitu (ada di posisi panah pink). Jadi sebenarnya dia ngga tumbuh ke permukaan, masih tertanam di bawah gusi. Tapi busyetttt bentukannya kenapa begituuu?? Lalu temanku tanya aku suka pusing-pusing ngga. 
Setelah kupikir-pikir, lah iya aku kadang memang suka pusing-pusing tapi ku kira karna capek atau kelaperan belum makan aja. Aku sebenarnya ngga ada riwayat vertigo/pusing berputar tapi ngga tahu kenapa kadang aku jadi sering vertigo, bener-bener sampai kadang mual gitu. Aku juga kadang merasakan nyeri di bagian tengkuk, mirip-mirip orang dengan hipertensi atau kolesterol. Aku ngga ada riwayat hipertensi sih, kalo kolesterol hmmm pernah tinggi memang :') karna kebanyakan gorengan dan makanan jahat kali ya (jangan ditiru gaessss).

Ternyata gigi bungsu yang tumbuh ngga normal bisa bikin kita merasakan pusing-pusing, nyeri tengkuk. Itu karna gigi kita ada keterkaitan dengan saraf juga. Sebenarnya kompleks banget sih urusan gigi tuh. Seumur-umur aku belum pernah ngerasain sakit gigi karna gigi karies/berlubang, dan amit-amit jangan sampai lah yaa. Tapi ternyata sakit gigi yang aku alami ini adalah perkara gigi geraham bungsu yang tumbuhnya  bermasalah. Ternyata emang ngga enak bangetttt, mau makan susah, mau buka mulut juga ga enak, mau menguap lebar-lebar juga sakit. Aduh sedih banget hahahha.  

Wah, memang kalau udah diagnosisnya gini mau ngga mau dicabut sih ini, dan temanku dokter gigi sarankan memang harus ke dokter gigi Sp. BMM (Spesialis Bedah Mulut dan Maksilofasial). Baiklahh karna aku juga pengen ngunyah makanan dengan nyaman dan terbebas dari rasa sakit, prosedur ini memang harus dijalani. Saat itu aku agak bingung juga mau konsul ke Sp. BMM mana, lalu aku keinget dulu waktu kuliah di Jogja aku pernah scaling ke Rumah Sakit Gigi dan Mulut UGM dan aku punya kesan yang baik sih dengan pelayanan disana. Mempertimbangkan saat itu kasus Covid lagi lumayan naik, sepertinya aku lebih yakin melakukan prosedur ini di Rumah Sakit khusus gigi dan mulut. Meskipun jaraknya agak jauh, di luar kota. Balik lagi kadang dalam memilih dokter atau fasilitas kesehatan memang cocok-cocokan sih yaa. Terkadang perlu beberapa pertimbangan, konsul-konsul ke teman yang pernah mengalami keluhan serupa juga dan akhirnya aku yakin untuk melakukan tindakan ini di RSGM UGM. Pendaftaran pasien berobat ke RSGM UGM waktu itu bisa dilakukan dengan membuat reservasi melalui whatsapp dan khusus untuk pasien luar kota wajib membawa hasil swab antigen. 

Awal bulan April 2021 akhirnya aku datang ke RSGM UGM untuk tindakan pencabutan gigi bungsu. Jujur agak deg-degan, karna terakhir kali aku cabut gigi susu itu waktu zaman masih bocil dulu, hahahaha tapi kali ini harus tegar dan kuat demi bisa mengunyah dengan nyaman dan bisa makan enak tanpa ngilu-ngilu. Sebenarnya aku waktu reservasi dokter Sp.BMM ini random aja milihnya, ngepasin jadwal dan hari yang cocok karna aku harus izin kantor waktu itu. Puji Tuhan dokternya ramah dan baikkk bangettt. Sebelum tindakan dilakukan skrining awal, dan dokter waktu itu bilang "Ini kamu ngga pengen rapihin gigimu po?" Karna gigi aku memang kurang rapi dan berjejal gaess, tapi ngga yang parah banget sih dan memang kemarenan sempat kepikiran pasang behel juga. "Kayaknya belum sih dok, yang penting ini gigi bungsunya dulu". 

Aku juga bawa hasil foto panoramik gigiku, dan beliau amati sambil kasih tunjuk ke aku di x ray viewer (semacam lampu yang digunakan untuk membaca hasil rontgen). Beliau tanya "Ini kamu fotonya sambil miring apa gimana?" ku jawab "Lah, ngga tuh kayaknya dok". Setelah aku amati hasil foto panoramiknya, lah iya di foto kelihatan kalo rahang bagian kanan dan kirinya kurang simetris gitu, jadi kesannya emang agak miring. 
"Kamu kalo lagi ngunyah gitu suka ada bunyi gemeletak  gitu ngga? Atau pernah ngga waktu kamu nguap atau mangap lebar terus kayak ngancing gitu susah mingkem?" tanya beliau.
Kupikir-pikir, kalo sampe ngancing ga bisa mingkem gitu ga pernah sih, cuma lalu aku sadar kadang kalau aku makan di bagian sendi kiri kadang ada bunyi 'kletuk-kletuk' gitu. Waduh kenapa lagi nihhh agak overthinking juga hahaha tapi dokternya super santai dan cara komunikasi beliau juga enak banget, jadi diskusi dan konsultasinya ngga menegangkan. Soalnya stigma kita kalo ke dokter gigi kan kadang serem gitu vibes nya, apalagi kalau udah duduk di dental chair lihat-lihat peralatan gigi, denger-denger suara bor, serem yaa kann.

Dokter menjelaskan kalau temporomandibular joint (TMJ) atau sendi temporomandibularku bagian kiri memang ada sedikit gangguan yang menyebabkan bunyi gemelutuk saat mengunyah makanan. istilahnya semacam engsel di sendinya agak geser sehingga kenampakannya di foto panoramik-ku rahang bagian kanan dan kirinya jadi kurang simetris, dan di foto kelihatan kalo aku kayak posisi wajahnya lagi agak miring, padahal lagi enggak miring sih. Katanya ini bisa terjadi karna memang bentuk anatominya begitu, pernah ada trauma/jatuh atau bisa jadi karena kebiasaan mengunyah di satu sisi aja. Setelah kupikir-pikir mungkin ini karena dulu kebiasaanku mengunyah waktu masih bocil di salah satu sisi aja. Sebenarnya dulu aku sempat diingetin dokter gigiku kalau ngunyah pakai sisi kanan dan kiri yaa jangan di satu sisi aja, cuma dulu aku cuma jawab iya-iya tanpa tahu alasannya apa dan aku juga kurang aktif bertanya ke dokter gigi waktu itu. Akhirnya setekah konsul dengan Sp.BMM ini aku baru tahu Ooooooh jadi gitu thoo. Jadi selama ini aku kurang aware banget sama kondisi-kondisi ini dan baru tercerahkan saat itu juga.


gambar dari sini

TMJ ini merupakan sendi yang menghubungkan antara tulang rahang dengan tuang tengkorak. Dia adalah semacam engsel geser gitu dan kita masing-masing punya di sisi kanan dan kiri.
Balik lagi ke masalah gigi bungsuku yang cukup mengganggu ini, dokter menyarankan kalau memang gigi bungsuku ini harus diambil semuanya, empat-empatnya! Waduhh.
Lalu dokter juga tawarkan mau dicabut satu-persatu atau langsung keempatnya. Beliau menjelaskan kalau mau dicabut di hari itu juga bisa tapi cuma 1 gigi aja dulu, lalu sisanya bisa datang lagi setelah lukanya pulih. Dokter menjelaskan kelebihan dan kekurangan masing-masing prosedur. Untuk kasusku ini termasuk yang moderate, bukan yang parah banget, tapi bukan kasus ringan juga. Pada akhirnya dokter menyerahkan keputusan padaku sepenuhnya.  

Nah kalau mau langsung cabut keempatnya nih, aku harus operasi dengan bius total! Ini nih yang sebenarnya aku khawatirkan, sebelumnya aku memang sudah menyiapkan diri kalau memang harus operasi odontektomi dengan GA (general anesthesia) alias bius total. Aku sempat sharing dengan temanku yang pernah mengalami masalah dengan gigi bungsunya, dan dia waktu itu dibius total, pastinya prosesnya agak lebih kompleks meskipun kita juga ngga ngerasain sakit dan trauma dengar bunyi-bunyi bor dan alat-alat lainnya saat dibius total. Meskipun begitu mau bius lokal ataupun bius total nantinya sama-sama akan mengalami proses pemulihan juga sih, dan rasa sakit setelahnya itu adalah sebuah keniscayaan. 
Pikirku ya udahlah mending sakit satu kali aja sekalian daripada empat kali, pokonya yang penting mantep aja sama prosedurnya, dan aku udah yakin mau menjalaninya. Fyuhhhh akhirnya aku putuskan untuk operasi odontektomi dengan bius total dan diputuskan 2 minggu lagi aku datang ke RSGM untuk dilakukan tindakan. Sebelum pulang, dokter kasih surat pengantar rawat inap berikut dengan list pemeriksaan penunjang yang harus aku lakukan sebelum operasi. Jujur makin deg-degan sih waktu itu karna itu bener-bener akan menjadi pengalaman operasi pertamaku, dan ternyata perkara gigi geraham yang kukira sepele malah jadi begini. Tapi ngga papa ini untuk pengalaman kita bersama ya, bahwa jangan menyepelekan keluhan apapun yang kalian alami dengan gigi kalian. Oiya, dan jangan takut untuk ke dokter gigi, yaa. Serius, ga semenyeramkan itu kokk.

Oke, untuk pengalaman selengkapnya soal operasi odontektomi dengan bius total akan aku lanjutkan di postingan part II yaa, karna ini sudah lumayan panjang juga ternyata sesi curhatku soal gigi-gigi bungsu hehehe. Stay healthy everyone. See you soon! 

No comments:

Post a Comment

Feel free to shout your thought, comment, and critique

Cute Polka Dotted Rainbow Bow Tie Ribbon