10.27.2020

Seputar Pekerjaan (Part 1)

 Helloooo, I'm back! Berharap bisa lebih konsisten posting disini. Ya, sesuai judul diatas. Seputar Pekerjaan. What is your dream job, anyway? Apakah berubah-ubah seiring bertambanya usia?

Dulu pekerjaaan impianku adalah menjadi karyawan kantoran. Namun sekarang agaknya aku sedikit menertawakan pekerjaan impianku waktu itu. Pekerjaan sekarang yaa bisa dikatakan semi kantoran, semi pelayanan lah ya. Dasar manusia memang ngga pernah puas! Masih mending bisa kerja kann??? hiks bersyukurlah selalu.

Pernah ngga sih kalian merasa kayak: "Ngapain ya aku kerja disini?" bla bla bla dan menyalahkan lingkungan. Apalagi kalau lingkungannya memang agak toksik. Toksik yang bagaimana sih? Kayaknya sekarang ini gampang banget ya nge-judge seseorang itu toksik. Agaknya generasi-generasi kita ini juga agak sulit bekerja bersama orang-orang yang lebih tua. Selalu merasa "diplekotho" atau Bahasa Indonesia-nya: diperbudak sama yang lebih tua. Ups! agak kasar ya. Kalau dipikir-pikir culture yang kayak begini memang nyata dan banyak dijumpai. Yang muda yang berkarya. Mau melawan kok ya takut durhaka hahaha. Ya begitulah. blamming culture  lah, saling membentuk gank yang isinya ghibah lah hahaha. Lucky me, karna mostly tenaga kesehatan adalah wanita 😀. Yaa banyak faktor sih sebenernya tergantung dengan cara kita menyikapinya aja sebenernya. 


Konsep mindfulness  bener-bener kepakai banget dalam hal ini. Bagaimana cara kita bener-bener berfikir secara menyeluruh dan ngga cuma memandang suatu hal dari satu sisi saja. Mungkin beberapa dari kita yang mulai mengenal atau belajar tentang stoicism mulai sedikit paham konsepnya, bahwa segala sesuatu yang terkait dengan masalah interpersonal atau hubungan antar pribadi dan lingkungan adalah hal yang sangat jauh dari kendali kita. Kita ngga bisa mengendalikan omongan orang lain. Mereka bisa aja berkomentar apapun terhadap hal apapun, dan itu diluar kendali kita. Konsep stoicism ini mengajak kita buat terus fokus dengan hal-hal yang bisa kita kendalikan saja. Aku sendiri juga masih baru dalam hal ini, dan masih terus belajar. Dewasa ini aku mulai tertarik belajar tentang konsep penerimaan diri dan mulai baca buku-buku self help. Bacaan fiksi juga masih jadi menu sih, cuma aku lagi nyadar banget kalau anjirrr mental health is a serious thing!!! 

Kadang aku sendiri juga capek sih, kenapa kok ya masih terlalu mikirin sikap orang lain yang jelas-jelas ada di luar kendali kita. Setiap temen kerja kita ngeselin, diri ini akan langsung ikutan kesel juga. Rasanya kok ada aja orang yang bikin kesel di tempat kerja. Tapi mau gimana lagi? semua tempat kerja kayaknya juga gitu. Teman kerja kita mungkin akan selamanya ngeselin, sampai tua kita juga bakalan ngadepin orang-orang yang seperti ini, omongan pedes lah, sengak lah.

So, apakah teman kerjamu nyebelin hari ini? If you don't mind, share your thought on comment bellow

Cheerio~

3 comments:

  1. hhuuhuh toxic work environtment. aku ud dari bulan2 lalu mo nulis itu. ga kelar2. rencananya mo nulis rentetan pekerjaan aku dulu pas di jogja pas msh jd mahasiswa smpe kerja beneran. tapi trauma dr pas saat kerja beneran itu msh kerasa smpe skrg. aku ud setengah jalan nulis tiba2 depresi wkwkwkw tiba2 stress lg sampe beneran ga mood ngapa2in, alhasil tulisanku tertunda. lingkungan kerja yg toxic itu bener2 ga bisa dianggap main2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku paham Ngel, memang hal-hal yang seperti ini traumatic banget dan memang bisa bikin stress. Buat aku yang orangnya ngga bisa ‘sebodoh amat’ itu emang cukup beratt.
      Aku tunggu tulisanmu yaaa, It’s okay perlahan aja nulisnya siapa tahu bisa sekalian healing dikit-dikit hehehe

      Delete

Feel free to shout your thought, comment, and critique

Cute Polka Dotted Rainbow Bow Tie Ribbon