Sabtu, 19 Maret 2011

Super Moon

Supermoon atau yang bisa disebut lunar perigee adalah suatu fenomena dimana bulan akan berada pada posisi terdekat dangan bumi, hal ini akan membuat bulan terlihat lebih besar dari biasanya.
Fenomena ini telah terjadi 18 tahun lalu pada tahun 1993, dan akan terulang ditahun ini pada sabtu 19 maret 2011. Jika cuaca malam mendukung dan langit tidak mendung kita bisa melihat bulan yang lain dari biasanya. Tetapi ada beberapa astronom yang mengataken supermoon akan mempengaruhi pola iklim di Bumi yang memunginkan terjadinya bencana alam seperti gempa.
Namun seperti dimuat News.com.au, Jumat 4 Maret 2011 lalu, seorang astronom yaitu Pete Wheeler dari International Centre for Radio Astronomy mengatakan bahwa tak akan ada gempa bumi atau gunung meletus. Kalaupun hal itu terjadi itu sudah takdir.
Pada saat itu memang laut akan mengalami pasang yang lebih tinggi dan surut yang lebih rendah. Karena dimungkinkan ada korelasi antara gempa bumi berskala besar di dekat katulistiwa dan Bulan - kala baru, atau purnama.
Mudah - mudahan saja kita bisa melihat dan menikmati penampakan bulan yang lain ini tanpa terjadi musibah.

source: http://unik.kompasiana.com/2011/03/18/supermoon/

*wuah jadi penasaran seperti apa hehe  semoga aja aku nggak ketiduran jam 2 ntar, pengen liat segede apa si Super Moon itu :)
Cute Polka Dotted Rainbow Bow Tie Ribbon