Rabu, 09 Maret 2011

Hari ini adalah Awal Prapaskah ƪ(ˇ▼ˇ)¬



Hai lama nggak posting. apa kabar semua?
hmmm hari ini awal masa Prapaskah. nggak nyangka ya, kemaren baru aja Natal sekarang udah memasuki masa prapaskah. masa Prapaskah diawali dengan perayaan Rabu Abu bagi umat Katolik. Apa itu Rabu Abu?


dalam
agama Kristen tradisi barat (termasuk Katolik Roma dan Protestanisme), Rabu Abu adalah hari pertama masa Pra-Paskah. Ini terjadi pada hari Rabu, 40 hari sebelum Paskah tanpa menghitung hari-hari Minggu atau 44 hari (termasuk Minggu) sebelum hari Jumat Agung.
Pada hari ini umat yang datang ke Gereja dahinya diberi tanda salib dari abu sebagai simbol upacara ini. Simbol ini mengingatkan umat akan ritual Israel kuna di mana seseorang menabur abu di atas kepalanya atau di seluruh tubuhnya sebagai tanda kesedihan, penyesalan dan pertobatan (misalnya seperti dalam Kitab Ester 4:1, 3). Dalam Mazmur 102:10 penyesalan juga digambarkan dengan "memakan abu": "Sebab aku makan abu seperti roti, dan mencampur minumanku dengan tangisan." Biasanya pemberian tanda tersebut disertai dengan ucapan, "Bertobatlah dan percayalah pada Injil."
Seringkali pada hari ini bacaan di Gereja diambil dari Alkitab, kitab II Samuel 11-12, perihal raja Daud yang berzinah dan bertobat.
Banyak orang Katolik menganggap hari Rabu Abu sebagai hari untuk mengingat kefanaan seseorang. Pada hari ini umat Katolik berusia 18–59 tahun diwajibkan berpuasa, dengan batasan makan kenyang paling banyak satu kali, dan berpantang.

Hmm… rasanya pengen nagis waktu Misa tadi :’) bener-bener bikin trenyuh kalau teringat dengan dosa-dosaku :(
Apalagi saat prosesi penerimaan abu tadi diiringi dengan lagu :
Hanya Debu-lah Aku
Yang liriknya seperti dibawah ini:

Hanya debulah aku di alas kakiMu Tuhan
Haus akan titik embun sabda penuh ampun
Reff: Tak layak aku tengadah
Menatap cahyaMu
Tak pantas aku menghadap
Di depan altarMu
Ampun seribu ampun hapuskan dosa-dosaku
Segunung sesal ini kuhunjuk padaMu---Reff


Hmm … Dalem banget ya?? :’)
Just wanna say:
SELAMAT MENYONGSONG PASKAH
“Bertobatlah dan Percaya pada Injil”
Mari kita lahir baru J
JESUS BLESS U ABUNDANTLY!!




Cute Polka Dotted Rainbow Bow Tie Ribbon